Jumat, 10 Februari 2012

Cara Cepat, Simpel dan Gampang menyelesaikan Rubik 3x3

Sekarang saatnya benar-benar jatuh cinta sama Rubik....bila anda sudah punya Rubik 3x3 atau belum (buruan beli) dan ingin menyelesaikannya sekarang saatnya untuk "Bebagi"....dibawah ini adalah Tutorial (Panduan) dalam bentuk gambar dan semoga akan mudah dipahami dan semoga semua sukses menyelesaikannya.....anak saya menyelesaikan Rubik 3x3 dalam waktu kurang dari 45 detik bagaimana dengan anda nantinya...Baik langsung saja… perhatikan gambar di bawah ini
rumus
Perhatikan baik-baik gambar diatas ini dan jika sudah paham dengan cara cara muter rubiksnya langsung kita mulai tahap pertama....tetapi lihat keterangan hurufnya ada R dan R', L dan L', F dan F' dll.....ini Penting sebab bila anda salah sekali saja muternya dan lupa....akan berakibat salah semua...dan harus memulai tahap awal lagi.....jadi saran saya...benar-benar hafalkan rumus cara muternya dulu....


Tahap Pertama (Membentuk Cross)
Anda harus memilih warna yang akan Anda jadikan sebagai warna dasar pada bagian bawah (D) . Disini saya gunakan warna merah sebagai contohnya. Cari pices/biji center yang berwarna merah,lalu jadikan sebagai bagian bawah pada rubiks Anda.  lihat gambar di bawah ini.
3x3.2

Catatan: Yang harus di ingat adalah jika anda sudah memilih warna merah sebagai warna dasar pada bagian bawah rubiks 3×3, anda tidak boleh mengganti ganti lagi. Tetap letakan warna merah sebagai dasar pada bagian bawah.

Jika sudah, lalu pada bagian atas Rubik (U) letakan edge berwarna merah pada posisi seperti pada gambar di bawah ini
3x3.1
Pada langkah pertama ini intinya kita hanya ingin membuat cross, tetapi dengan center yang berwarna merahnya kita letakan di bagian bawah dan edge nya kita susun/letakan di bagian atas.
Selanjutnya kita harus menyamakan warna kaki dari masing masing  edge merah yang telah kita susun/leatakan pada bagian atas (U). perhatikan gambar di bawah ini.

Untitled

 Setelah di samakan warna kaki edge nya dengan center yang tepat berada di bawahnya, lalu jalankan algoritma ‘F2’, Jadi maksudnya edge yang telah kita samakan kakinya tersebut kita letakan di bawah agar berdampingan dengan biji center merah yang telah kita letakan di bawah sejak awal. perhatikan gambar di bawah ini.
Untitled.2
Jika bagian sisi bawah sudah membentuk cross plus kaki kakinya pun sudah sama semua, sekarang saatnya ke tahap ke dua yaitu mengisi mengisi ke 4 biji corner, lihat saja gambar di atas..! corner nya masih belum sama bukan warnanya..?? nah… itulah tugas kita selanjutnya…
Tahap Ke Dua (Mengisi corner dengan benar)
Pertama cari biji corner yang mengandung warna merah, yang harus di perhatikan adalah warna merah nya itu harus selalu menghadap kesamping dan selalu harus berada pada bagian (U). Jika warna merah nya masih menghadap ke atas sobat ha rus membuatnya menghadap kesamping terlebih dahulu, dan jika warna merah nya itu berada pada bagian (D) sobat harus memindahkanya ke atas/bagian (U). Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
 DSC00273
Perhatikan biji corner yang di tunjuk anak panah. Biji corner tersebut mengandung warna merah,biru dan hitam, jangan perdulikan warna yang menghadap ke atas yaitu ‘HITAM’ perhatikan saja warna yang menghadap ke samping yaitu merah dan biru. Samakan warna yang bersebelahan langsung dengan warna merah yaitu warna biru dengan center pada layer ke 2 (Midle)

DSC00271
DSC00274
Gunakan cara diatas untuk menyelesaikan layer bawah (layer pertama) Jika warna merahnya yang menhadap samping  ada sisi Left (L) gunakan algoritma L’ U’ L.
Tahap ke tiga (menjadikan layer midle /ke 2)
Perhatikan warna center pada bagian atas, disini karena saya  menempatkan warna merah sebagai sisi bawah otomatis center atas pasti berwarna orange. yang harus di perhatikan sobat harus mencari edge yang tidak mengandung warna orange. Setelah itu samakan warna kakinya seperti biasa dengan center yang ada tepat di bawahnya.
 DSC00276
Perhatikan gambar di atas, setelah kaki edgenya yang berwarna biru kita sudah samakan, lalu lihat warna atasnya yaitu warna hitam. Nah.. perhatikan base warna hitam itu ada di sisi mana?? jika ada di sisi kanan maka gunakan algoritma kanan yaitu U R U’ R’ U’ F’ U F
Dan jika base hitam ada di sisi kiri maka gunakan algoritma kiri yaiitu U’ L’ U L U F U’ F’.  Kebetulan pada contoh diatas base warna hitamnya ada di sisi kanan, jadi harus gunakan rumus kanan.
DSC00277
Oke… setelah satu edge telah tereksekusi, sekarang cari edge selanjutnya pada bagian atas yang tidak mengandung warna orange. Pada gambar di atas yang di tunjuk oleh tanda panah hitam adalah edge selanjutnya yang bisa di eksekusi karena tidak  mengandung warna orange. Caranya sama saja… samakan dulu warna kaki edgenya yang berwarna hijau dengan biji center yang terletak tepat di bawahnya, tinggal di puter puter saja bagian U nya tersebut. Setelah sama lihat warna atasnya yaitu kuning, lihat base kuning adanya di sisi mana… Lakukan cara ini sampai layer kedua (midle) selesai.
Tahap ke empat
Sekarang saatnya ke tahap 4 atau final. Sekarang jika sobat sudah menyelesaikan layer ke 2, perhatikan kondisi apa yang di dapat pada bagian atas atau layer ke tiga.  Untuk menyelesaikan layer ke tiga hal pertama yang perlu di lakukan adalah menyamakan warna sisi atas menjadi sama seluruhnya, dalam contoh adalah warna orange. Untuk menyamakan warna atas kita harus mencari bentuk cross terlebih dahulu
Jika sobat mendapatkan kondisi sisi atas seperti gambar di bawah ini langsung gunakan algoritma F R U R’ U’ F’
DSC00010
Jika mendapatkan kondisi atas seperti gambar di bawah ini, tetap menggunakan algoritma F R U R’ U’ F’
DSC00011

Di atas adalah kondisi berbentuk huruf L kecil, yang harus sobat lakukan adalah menghadapkan ujung huruf L ke arah kanan, sehingga membentuk huruf L kecil terbalik. Perhatikan gambar yang di beri garis warna biru, kemudian gunakan algoritma F R U R’ U’ F’
Setelah itu pasti sobat menemukan bentuk garis lurus, yang harus sobat lakukan adalah posisikan garis tersebut  pada posisi horizontal. Lihat gambar di bawah ini
DSC00012
Seperti biasa abaikan yang di lingkari hitam, dan jadikan sisi yang di tunjuk tanda panah kuning sebagai Front (F) agar garis lurus tersebut tampak terletak horizantal. Dan tetap gunakan algoritma  F R U R’ U’ F’
jika mendapatkan bentuk seperti di bawah ini artinya sobat sudah mendapatkan bentuk cross
3x3.1
Bentuk di atas disebut bentuk tank, hadapkan moncong tank tersebut ke arah kiri lalu gunakan algoritma R U R’ U R U2 R’. Setelah itu sobat akan mendapatkan bentuk seperti di bawah ini
3x3.2
Setelah mendapatkan kondisi di atas, jadikan sisi yang tidak terdapat corner orange sama di bagian atas sebagai front (F) lalu gunakan algoritma R U R’ U R U2 R’  Sampai sobat mendapatkan bentuk ikan

DSC00013
Bentuk ikan sudah di dapatkan lalu hadapkan pala ikan ke kiri bawah, corner atas kanan harus terdapat warna orange, pada gambar di atas belum terdapat. Jangan bingung gunakan saja algoritma R U R’ U R U2 R’
DSC00014
Setelah warna atas sama semua langkah berikutnya adalah menjadikan samping pada bagian atas, langkahnya adalah cari corner atas yang memiliki warna yang sama, tetunya warna yang menghadap ke samping, lalu letakan corner yang sama itu di sisi kiri, atau jika sedang beruntung sobat akan mendapatkan sisi yang sudah jadi, lalu letakan sisi yang sudah jadi di sebelah kiri. Kemudian gunakan algoritma   R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L. Lihat gambar
DSC00015
Jika belum ada corner yang sama gunakan saja algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L

Perhatikan gambar di bawah ini
DSC00016
DSC00017
DSC00018
Pices tetukar tempat, perhatikan arah pertukaranya, lalu gunakan algoritma F2 (U/U’) L R’ F2 L’ R (U/U’). Jika arah pertukaranya searah jarum jam maka gunakan (U) jika berlawanan arah jarum jam gunakan (U’).....Walau semua ini hasil Copy Paste dari berbagai sumber....Namun saya sudah menguji langsung dan hasilnya kurang dari 30 detik saya sudah bisa menyelesaikannnya.....apabila masih kurang jelas dan malah tambah bundet dan mumet silahkan bertanya atau kunjungi saya....dimana pun bisa anda jumpai.....terutama didalam Purwokerto saja..ongkos makan dan transport tanggung sendiri...he..he..he..he..he..he..Selamat mencoba dan Salam Berbagi.

Macam-macam Rubiks

Menyambung Posting Barusan tentang Rubik yang buat saya nggak ada matinya...ini ada beberapa Info tentang Macam-macam Rubik.....monggo dipilih mana yang anda suka dan kira-kira mana yang akan anda beli dan mainkan....untuk cara main Solvednya atau penyelesainnya silahkan Komentari....dan Mari Berbagi....

Standard Cube (3x3x3)
disebut juga Rubik's Cube dikarenakan memang puzzle ini diciptakan pertama kali oleh arsitek bernama Erno Rubik pada tahun 1975, twisty puzzle model paling awal & paling populer, hingga dibuat berbagai macam varian-nya. ukuran standar adalah 5.6cm³
Master Cube (4x4x4)
Dikeluarkan oleh Rubik's dengan nama Rubik's Revenge, diciptakan oleh Péter Sebestény, pengembangan rubiks cube dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, memiliki 2 macam mekanisme berbeda yaitu keluaran Rubik's Revenge & Eastsheen. ukuran standar adalah 6.5cm³

Professor's Cube (5x5x5)
diciptakan oleh Udo Krell, karena memiliki center pieces, puzzle ini memiliki metode mirip seperti 3x3x3 namun dengan kesulitan jauh lebih tinggi, . 2 variasi lain dari mekanisme 5x5x5 selain keluaran Rubik's adalah V-Cube & Eastsheen. ukuran standar jenis ini adalah 7cm³



V-Cube 6 (6x6x6)
Diciptakan oleh Panagiotis Verdes, twisty puzzle dengan total 152 keping bila dipisah2, karya genius dari Verdes Innovations SA. ukuran standar yang dikeluarkan adalah 6.9cm³


V-Cube 7 (7x7x7)

Penciptanya sama seperti V-Cube 6, juga dengan mekanisme yang sama, twisty puzzle jenis cubic original dengan tingkat kesulitan paling kompleks. ukuran standar jenis ini adalah 7.2cm³

Pocket Cube (2x2x2)
disebut juga Mini Cube, memiliki tingkat kesuiitan yang rendah, rekor tercepat dipegang oleh Erik Akkersdijk yang menyelesaikan dengan waktu kurang dari 1 detik.

Fisher's CubePengembangan dari 3x3x3, diciptakan oleh Tony Fisher, memiliki metode penyelesaian & mekanisme mirip dengan 3x3x3 namun bisa diputar secara diagonal.

Diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto. cube unik ini memiliki mekanisme yang benar2 berbeda dari 3x3x3, karena center tile-nya bolong & tembus, hingga untuk solving-nya menjadi lebih sulit.

Void Cube
Square-1
Karya Karel Hršel & Vojtěch Kopský, Twisty puzzle dengan mekanisme yang benar2 unik, bentuknya akan berubah2 bila kita mengacaknya.

Super Square-1
pengembangan dari Square-1, dengan tinggi 4 layer, dengan lingkaran ditengahnya.

Square-2
Karya David Litwin, pengembangan dari Square-1, memiliki mekanisme mirip seperti pendahulunya.

Mirror Cube
Varian 3x3x3 yang unik, bila dalam keadaan teracak, bentuknya ikut teracak. metode solvingnya bukan berdasarkan warna, namun perbedaan bentuk.


Skewb
Diciptakan oleh Tony Durham, menjadi salah satu varian cube yang populer karena keunikannya. banyak varian & modifikasi cube yang memakai dasar mekanisme Skewb.

Dino Cube
Pengembangan Dino Cube karya Katsuhiko Okamoto

Master Skewb
Pengembangan Skewb yang diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto



Master Dino Cube


Windmill Cube
Karya unik dari Katsuhiko Okamoto lainnya


Helicopter Cube

Floppy Cube (1x3x3)

Domino Cube (2x3x3)


Slim Tower (2x2x3)

Phantom Cube (3x3x4)

Grown Tower (3x3x5)

Pyraminx
Diciptakan oleh Uwe Meffert, salah satu twisty puzzle populer selain bentuk cube.


Master Pyraminx
Diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto, pengembangan pyraminx dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

Pyramorphix
Berbentuk tetahedral seperti pyraminx, namun dengan mekanisme seperti 2x2x2.


Master Pyramorphix
Disebut juga Mastermorphix, diciptakan oleh Uwe Meffert, walau bernama Pyramorphix, mekanisme puzzle ini jauh berbeda, lebih mirip dengan 3x3x3.

 
Tetraminx
Karya Uwe Meffert, memiliki kesamaan mekanisme dengan pyraminx.

Octahedron


Skewb Diamond
Bentuk octahedral dengan menggunakan mekanisme skewb.

Skewb Ultimate
Karya Tony Fisher, ber-mekanisme seperti skewb dengan 12 sisi warna

Megaminx
Diciptakan oleh Christoph Bandelow

Holey Megaminx
Seperti Megaminx namun tengahnya bolong

Pyraminx Crystal
Karya Uwe Meffert, modifikasi dari Megaminx

Flowerminx

Gigaminx
Pengembangan Megaminx, dengan tambahan satu layer

Teraminx
Penciptanya bernama Drewseph, baru liat aja udah pusing gan!
Diamond Cube

Master Diamond Cube

Rainbow Cube
Twisty puzzle dengan 14 sisi warna

Magic Jewel
Karya Dr. Christoph Bandelow
Dogic
bersisi 20, paling sulit diantara semua Twisty Puzzle



Magic Ball
Rubik's mengeluarkan dengan nama Rubik's Sphere... puzzle berbentuk sphere dengan mekanisme yang tidak berbeda dengan 3x3x3

Beach Ball
karya Uwe Meffert, Memiliki mekanisme seperti skewb, oleh karena itu puzzle ini dikenal juga dengan nama Skewb Ball

Rubik's 360
Karya terbaru Erno Rubik, dengan mekanisme yang unik & benar2 baru
Impossiball
Salah satu Sphere Form favorit, dikeluarkan pertama kali oleh meffert, dengan mekanisme yang benar2 baru

Masterball
Karya Dr. Geza Gyovai, sphere form yang paling banyak dijual selain Rubik's Sphere, dibuat dengan bermacam2 varian



Dreamball
Sphere puzzle paling sederhana, memiliki mekanisme mirip 2x2x2. puzzle ini memiliki banyak sekali varian & sering dijadikan sebahai merchandise suatu produk


Thomas Ball
Karya unik Mr. Zdenek Blazek, sphere puzzle dengan mekanisme icosahedral


Equator
Karya Ferenc Molnár, dikenal juga dengan nama IQ ball menyelesaikan puzzle dengan cara digeser2


Chromoball
pengembangan Equator, dengan penambahan buletan yang dapat diputar2, chromoball dikenal dengan nama umum Mystic IQ Ball
11x11x11
Nesting Cube
Icosidodecaminx
 
Rhomball